Wednesday, October 23, 2013

BELAJAR SUMBER DAYA ALAM DENGAN PETA DAN SETIKER

Media pebelajaran merupakan alat bantu dalam menjelaskan materi  yang diajarkan oleh  guru, dengan tujuan mempermudah  proses pembelajaran. Dengan begitu pesertadidik secara optimal menguasai materi tersebut. 

Media pembelajaran  yang  saya buat kali ini adalah perpaduan antara power point, video, dan peta. Dengan mengambil pokok bahasan tentang sumber daya alam (SDA) di Indonesia. Media pembelajaran power point, video dan peta berisi mengenai jenis SDA menurut sifatnya, jenisnya, dan kegunaan. Materi tersebut dijelaskan dengan power point yang dilengkapi contoh bergambar. Selain itu dijelaskan mengenai SDA di Indonesia yang meliputi SDA perairan dan SDA wilayah daratan. Setelah menjelaskan materi-materi tersebut, peserta didik ditayangkan video  mengenai SDA agar mereka lebih memahami keanekaragaman SDA yang ada di Indonesia. Dengan begitu peserta didik dapat mensyukuri yang telah diciptakan Tuhan untuk kelangsungan hidup manusia.Untuk memperdalam kemampuan siswa dalam pengetahuan persebaran SDA ditunjang oleh peta dan beberapa setiker bersimbol SDA misalnya persebaran hasil bumi  di Indonesia berupa kelapa sawit di simbolkan dengan gambar pohon kelapa








dalam pembelajaran ini juga disisipkan vidio mengenai kekayaan sumber daya alam Indonesia yang di ambil dari youtube. Namun dalam blog ini tidak saya lampirkan.

No comments:

Post a Comment